Apa itu Water Mark ?

Water Mark artinya adalah Tanda Air, Cap Air whaha :D sebenernya water mark itu digunakan oleh Designer atau Photografer untuk melindungi karyanya atau hasil jepretanya sehingga tidak dipergunakan dengan gratis! disalahgunakan! ditiru! ataupun mengaku-ngaku sebagai pencipta karya tersebut.

Apa itu Water Mark ?

Disini sudah jelas ya bro water mark berfungsi sebagai pelindung atau hak cipta karya, pertanyaanya kenapa water mark itu perlu ditampilkan? nah ini tergantung pribadi masing-masing sih, ada juga yang dikasih dalam sebuah karyanya baik banyak maupun sedikit.

Apa itu Water Mark ?
Contoh : Water Mark

Menurut saya karya yang megandung water mark itu berbayar atau setidaknya perlu izin dari sang pencipta :D pencipta design maksud saya hehe, jika ingin digunakan komersil. Kalo asal ambil aja dan digunakan komersil atau untuk keperluan apa aja deh, bisa bisa dituntut bro :v waduhh

oh iya bro kebanyakan water mark itu tranparant jadi terlihat menyatu dengan design atau foto, jadi sangat sulit untuk menghilangkan water mark tersebut. Apalagi yang kayak gini bro :D haha

Apa itu Water Mark ?
Contoh : Water Mark

Oke bro ada banyak pelajaran dari Water Mark ini bro

1. Jangan mengambil, tanpa izin(jangan mencuri). 
Nah lo yang sering nyomot gambar yang ada water marknya terus di hapus. Sungkem dulu sana sama mbah google :D

2. Creative!!
nih kalo orang lain bisa membuatnya, kita juga bisa dong.

3. Belajar menghargai karya orang lain.
yaa tentu saja.

4. Time is Money
si designer atau photografer ngga akan rela buang-buang waktunya hanya untuk membuat sebuah karya yang di dapatkan dengan gratis !

yaa itulah yang disebut water mark, kalo saya sih sah-sah aja. Kebanyakan design saya juga ngga ber water mark, kembali ke pribadi masing-masing. Jadi bisa dibilang artikel ini berpesan untuk para pembaca agar menghargai setidaknya tidak menggunakan karya orang lain tanpa seizin yang buat.

Baiklah sampai disini dulu, Terimakasih telah membaca. Semoga bermanfaat :)

Tamabahan dari saya :D

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Vektor Kades
admin
February 18, 2016 at 6:23 PM ×

Hingga sekarang pun memang sering sekali terjadi yang namanya comot sana comot sini. Saya sendiri pernah mengalaminya, dan cukup disayangnya tidak adanya konfirmasi atau izin terlebih dahulu terhadap karya itu.

Semoga saja, Semakin berkurang yaa (y)
Mari berkunjung kembali mas www.vektorkades.com

Reply
avatar
Unknown
admin
February 23, 2016 at 4:47 AM ×

yah mau gimana lagi bro ? sebagai korban kebrutalan comot comit kita hanya bisa pasrah saja =( ya kalau mau aman kasih watermark yag banyak :D semoga dengan adanya watermark bisa mengurangi comot comit.
oke mampir deh :D

Reply
avatar
Thanks for your comment