Perbedaan Design Retro dan Vintage

Bicara tentang Retro dan Vintage yang sekarang lagi booming, sebenarnya design ini berbeda bro, tapi kadang kita sulit membedakanya mana design Retro mana design Vintage. Karena keduanya memang mengusung tema yang sama yaitu JADUL :D

Perbedaan Design Retro dan Vintage

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang perbedaan kedua aliran design ini yang menurut saya mereka ini kakak beradik :D

Retro
Adalah style design yang ngetrand tahun 70-90-an bro. Aliran design ini klasik, namun tetap memiliki kesan modern karena teknologi semakin berkembang banyak tambahan warna ceria namun tetap mencerminkan jaman dulunya dengan warna yang agak pudar maupun kusam. Berikut contoh design Retro bro..

Perbedaan Design Retro dan Vintage

Perbedaan Design Retro dan Vintage

Namun Retro design akhir-akhir ini lagi booming bro! kenapa, karena juga ada percampuran cultural :D antara design Retro dan Typography. Ciri Retro Typography adalah Bold, Flag dan Ribbon, walaupun Ribbon sering juga digunakan di Vintage design. 

Retro Typography lebih banyak menampilkan Teks dari pada gambar, ya iyalah namanya juga Typography :D dan juga sering menggunakan banyak Font dalam satu kata.
Berikut contoh designya bro..

Perbedaan Design Retro dan Vintage
Retro Typography yang digunakan dalam acara Televis hits Indonesia :D

Perbedaan Design Retro dan Vintage
Sering juga digunakan di daftar menu restaurant

Perbedaan Design Retro dan Vintage
Tempat curhat juga bisa :D

Vintage
Adalah aliran design zaman tempo dulu banget tahun 20-60-an. Warnanya juga masih limit ya coklat pudar dan kalem gitu bro karena pada tahun tersebut teknologi belum berkembang kayaknya :D juga kebanyakan design aliran ini mengunakan font bergaya mesin tik yang menjadi daya tarik dalam aliran design ini. Design Vintage kebanyakan digunakan untuk pembuatan poster maupun design kaos pada zaman sekarang. Juga karena pergeseran zaman design Vintage juga terjadi pengabungan aliran seperti Retro, jadi banyak juga menggunkan Ornaments, Flag atau Ribbon.
Berikut saya kasih contohnya bro..

        Perbedaan Design Retro dan VintagePerbedaan Design Retro dan Vintage

Seiringnya booming aliran ini juga berpengaruh terhadap keaslian atau ciri khas aliran design. Namun tetap dengan ciri khasnya yang dulu yaitu warnanya yang kecoklatan :)
Berikut contohnya bro ..

      Perbedaan Design Retro dan Vintage Perbedaan Design Retro dan Vintage
Contoh design Poster

Perbedaan Design Retro dan Vintage
Contoh design Vintage (design kaos)

Nah sudah taukan bro bedanya Retro sama Vintage? sebenarnya rada-rada mirip kedua aliran ini, tapi sengaja saya bedakan :D whahaBaik sekian artikel saya ini Semoga bermanfaat untuk semua. Terimakasih telah membaca^^

Previous
Next Post »
Thanks for your comment