Apa itu WPAP ?


WPAP atau sering disebut Wedha Pop Art Potrait adalah suatu seni potret wajah yang bergaya pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid (pencipta WPAP). WPAP dulu bernama FMB (Foto Marak Berkotak) ini mempunyai ciri khas yang unik dalam pengambaran objek, yaitu bidang kotak-kotak dan pewarnaan yang pop (warna-warni) antara bidang satu dengan bidang yang lainya, tanpa menhilangkan karakter objek atau model yang digambar.

Apa itu WPAP ?

Dimulai sekitar tahun 1990-1991 berawal dari kegelisahan menggambar sosok manusia yang realis karena seiring bertambahnya usia. Menurut Wedha, gambar sosok manusia realis mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi di tambah dengan faktor memilih, mencampur warna menjadi hal yang menyulitkan. Kemiripan warna kulit manusia, kehalusan goresan, menjadi sesuatu yang mahal bagi Wedha.

Dari kegelisahaan itulah, Wedha mulai memikirkan cara melukis sosok manusia dengan cara yang lebih mudah dengan mengutak atik titik, garis dan bidang. Berawal dari situ mulailah Wedha membayangkan gambar sosok manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner.

Sebelum menemukan cara membuat seperti sekarang ini dimana teknologi sangat membantu mempermudah dalam pembuatan WPAP Wedha harus melalui proses yang begitu panjang dari membuat WPAP dengan manual sampai ke digital pada era sekarang ini.

Berikut ini adalah proses WPAP yang dilalui pak Wedha Abdul Rasyid Dari Masa Ke masa

Apa itu WPAP ?

Apa itu WPAP ?

Apa itu WPAP ?

Apa itu WPAP ?

Nah sebagai bentuk apresiasi kita terhadap karya anak bangsa dan setanah air ini :D bisa dilakukan dengan melestarikanya dengan belajar "Cara membuat WPAP" bro hehe. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Terimakasih telah membaca, Semoga bermanfaat^^


Previous
Next Post »
Thanks for your comment